Batubara, Nur Hikmah (2022) Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi persegi di Kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru pada pokok bahasan persegi dan sub pokok bahasannya adalah segi empat (persegi panjang, persegi,jajar genjang dan belah ketupat). Siswa tidak memiliki konsep dasar persegi yang memadai serta pemahaman siswa terhadap pokok bahasan tersebut sangatlah kurang. Selama ini siswa hanya mengikuti contoh-contoh yang diberikan oleh gurunya. Guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yaitu salah satunya adalah model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran picture and picture ini dapat melatih siswa secara individu maupun kelompok dengan cara berdiskusi, semua siswa berperan aktif dan membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi persegi. dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi persegi di kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara yang berjumlah 190 siswa, dengan jumlah sampel 25 siswa di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu tes. Tes terdiri dari dua macam yaitu tes sebelum diberi perlakuan(pre-test) dan tes sesudah diberi perlakuan (pos-test). Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kelas sampel peneliti berdistribusi normal yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan tes rata-rata untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil uji-t diperoleh thitung (4,057) > ttabel (2,069 ) maka maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap kemapuan kognitif siswa pada materi persegi di kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Picture and picture; Kemampuan kognitif siswa; Persegi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 03:28 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 03:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8294 |
Actions (login required)
View Item |