Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model pembelajaran numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar baca tulis al-quran (BTQ) siswa di SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan

Hasibuan, Rahma Tamima (2022) Penggunaan model pembelajaran numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar baca tulis al-quran (BTQ) siswa di SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Baca Tulis Al-Quran siswa di lingkungan SD Muhammdiyah 3 Padangsidimpuan. Hasil belajarnya masih dikategorikan rendah, belum mencapai 75%, yang mana KKM dari Baca Tulis Al-Quran ini adalah 75. Selain itu masih banyak juga siswa yang belum mahir membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid, dan banyak siswa yang merasa bosan belajar karena metode yang digunakan oleh guru masih sangat monoton yaitu dengan menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar Baca Tulis Al-Quran siswa dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together (NHT) di SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Adapun insrtumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes kemampuan awal (prasiklus) diperoleh presentase hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas yaitu 63,66 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 23,33%. Pada saat siklus 1 pertemuan pertama hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 66,33 dengan persentase siswa yang tuntas yaitu 36,66% sedangkan pada pertemuan ke- 2 diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,33 dengan persentase siswa yang tuntas yaitu 60%. Selanjutnya pada siklus 2 pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 79,66 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 70%. Sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 81,83 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 83,83%. Kesimpulan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Al-Quran siswa di SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Model pembelajaran NHT; Hasil belajar BTQ siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:53
Last Modified: 12 Jan 2023 02:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item