Andrayani, Dwika (2022) Pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa Kecamatan Panaihulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa , kemudian untuk mengetahui motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa, dan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kedisiplinan guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa, bagaimana motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa, dan bagaimana pengaruh kedisiplinan Guru terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa. Kedisiplinan adalah kepatuhan individu untuk melaksanakan aturan-aturan yang berlaku dalam kelompok sosial, mengendalikan dan mengarahkan diri dalam bertingkah laku dengan penuh kesadaran. Motivasi dan belajar adalah merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsic, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 245 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan random sampling yang berjumlah 37 siswa, untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan angket. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus regresi sederhana Y = a + bx. Kedisiplinan Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa, adalah cukup yaitu 68,8% terlihat dari hasil skor jawaban responden. Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Teluk Sentosa, dari jawaban responden dapat digolongkan ke kategori sangat baik, terlihat dari hasil skor jawaban responden yaitu 82,9%. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa, yang ditemukan angka koefisien regresi sebesar Ŷ = 35,175 + 0,565X, dan nilai Fhitung > Ftabel atau (16,52>4,12) pada taraf signifikan 5% maka Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M. Si. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Kedisiplinan; Motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 02:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8268 |
Actions (login required)
View Item |