Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement division) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi himpunan di Kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Desa Hutapadang TP. 2020/2021

Anwar, Khoirul (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievement division) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi himpunan di Kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Desa Hutapadang TP. 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal Matematika pada materi himpunan, hal ini disebabkan siswa masih kurang menguasai konsep-konsep yang ada pada pokok bahasan himpunan. Hasil belajar matematika merupakan hal yang penting, namun kenyataannya hasil belajar matematika cenderung belum sesuai harapan. Dilihat dari hasil Ujian Nasional SMP/ MTs tahun pelajaran 2018/2019 nilai rata-rata nasional matematika hanya paling rendah dibandingkan rata-rata nilai mata pelajaran lain. Berdasarkan permasalahan tersebut dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi himpunan dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Desa Hutapadang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Istiqomah Desa Hutapadang pada tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan di terima yakni hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yaitu sebagai berikut: peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa terdapat 9 orang siswa yang tuntas dengan persentase 30% tes kemampuan awal, 15 orang siswa yang tuntas dengan persentase 50% Siklus I pertemuan ke-1, 20 orang siswa yang tuntas dengan persentase 67% Siklus I pertemuan ke-2, 26 orang siswa yang tuntas dengan persentase 87% Siklus II pertemuan ke-1. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II meningkat, maka penelitian dengan menggunakan model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, M.Si.
Keywords: Model student team achievement divisions (STAD); Hasil belajar dan himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:48
Last Modified: 26 Dec 2022 07:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item