Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap minat konsumen berbelanja pada Toko Alfatih Padangsidimpuan

Rahwana, Rahwana (2022) Analisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap minat konsumen berbelanja pada Toko Alfatih Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Toko Alfatih Padangsidimpuan merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang pakaian yaitu berupa pakaian laki-laki, pakaian perempuan, perlengkapan shalat, dan lainnya. Berdasarkan latar belakang masalah peneliti, perkembangan penjualan Toko Alfatih selama tahun 2017-2020 terus mengalami fluktuasi dan makin menurun pada masa covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap minat konsumen selama di Toko Alfatih Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan minat beli konsumen yaitu sebuah perilaku konsumen dimana konsumen mempunyai keinginan dalam membeli produk, berdasarkan pengalaman dalam memilih, menggunakan dan mengkonsumsi atau bahkan menginginkan suatu produk. Produk segala sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan dan kebutuhan, organisasi, informasi dan ide. Harga jumlah uang yang harus dibayarkan untuk memperoleh suatu produk. Promosi yaitu salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran, dan lokasi yaitu suatu usaha juga menentukan keberhasilan usaha pada lokasi yang tepat, strategis, dekat dengan keramaian serta memiliki akses jalan yang mudah.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 57 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa angket. Tekhnik analisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji determinasi R dan uji regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS Versi 26. Hasil analisis koefisien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,218 artinya korelasi antara variabel produk, harga, promosi dan lokasi terhadap minat beli konsumen terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R square sebesar 0,914 atau 91.4% menunjukkan variabel produk, harga, promosi dan lokasi mempengaruhi minat beli konsumen dan sisanya 8,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yang tidak dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji t harga berpengaruh secara parsial terhadap minat konsumen, variabel produk, promosi, dan tempat tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat konsumen. Berdasarkan hasil uji F secara simultan bahwa produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Produk; Harga; Promosi; Tempat; Minat konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:43
Last Modified: 29 Nov 2022 04:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item