Nurasiyah, Nurasiyah (2018) Faktor-Faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen produk sabun mandi lifebuoy di Desa Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang pengambilan judul ini adalah karena adanya fenomena dimana masyarakat di Desa Labuhan Rasoki lebih banyak yang menggunakan sabun mandi lifebuoy padahal harga sabun mandi lifebuoy cukup mahal dan masyarakat di Desa Labuhan Rasoki merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara harga, citra merek dan promosi terhadap loyalitas konsumen produk sabun mandi lifebuoy di Desa Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara secara parsial dan simultan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga, citra merek dan promosi terhadap loyalitas konsumen produk sabun mandi lifebuoy di Desa Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara secara parsial dan simultan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran. Pendekatan yang dilakukan berdasarkan teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas konsumen, harga, citra merek dan promosi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menggunakan data primer dan sampel sebanyak 84 responden serta teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R square), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil penelitian secara parsial (uji t) adalah terdapat pengaruh antara harga terhadap loyalitas konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan -t hitung -3,760 < -t tabel -1,664 atau t hitung 3,760 > t tabel 1,664. Terdapat pengaruh antara citra merek terhadap loyalitas konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan -t hitung -2,919 < -t tabel -1,664 atau t hitung 2,919 > t tabel 1,664. Terdapat pengaruh antara promosi terhadap loyalitas konsumen secara parsial yang dibuktikan dengan -t hitung -8,745 < -t tabel -1,664 atau t hitung 8,745 > t tabel 1,664. Sedangkan secara simultan (uji f), terdapat pengaruh antara harga, citra merek dan promosi terhadap loyalitas konsumen secara bersama-sama/simultan yang dibuktikan dengan f hitung 81,562 > f tabel 2,15. Adjust R Square dalam penelitian ini sebesar 0,744 atau 74,4% yang berarti bahwa harga, citra merek dan promosi mampu menjelaskan variabel dependen atau loyalitas konsumen sebesar 74,4% dan sisanya sebesar 25,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Harga; Citra merek; Promosi; Loyalitas konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 12:44 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 12:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/821 |
Actions (login required)
View Item |