Siregar, Anisyah (2022) Pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pargarutan Kecamatan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200306.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Setiap organisasi atau instansi menginginkan atau mengharapkan semua tujuan tercapai. Pegawai yang profesionaludan berkinerja tinggipakan mendukung tercapainyaytujuan pembangunanknasional melalui program-programpyang ditetapkanmpemerintah. Puskesmas berupaya meningkatkan kinerja yang tinggi dan kualitas pelayanan agar kepuasan pasien meningkat. Namun pasien masih kurang puas dengan pelayanan di Puskesmas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kinerja pegawai berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pargarutan Kecamatan Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pargarutan Kecamatan Angkola Timur. Manfaat penelitian secara teoritis dan praktis. Pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan dengan kinerja pegawai dan kepuasan pasien. Kinerja pegawai merupakan hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggungjawab masing-masing dalam rangka upaya mencapai tujuan organisasi. Sedangkan kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja produk atau jasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pasien yang di Puskesmas Pargarutan. Sampel penelitian ini sebanyak 64 orang. Instrument pengumpulan data menggunakan angket kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS. Uji yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t terdapat pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Pargarutan Kecamatan Angkola Timur. Kemudian dari perhitugan koefisien determinan sebesar 0,655 yang artinya sebesar 65,5% menunjukkan variabel kinerja pegawai berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pargarutan sedangkan sisanya 34,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Kinerja pegawai; Kepuasan pasien |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111708 Health and Community Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:13 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 02:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8203 |
Actions (login required)
View Item |