Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Program sekolah dalam menguatkan nilai keagamaan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 2 Padangsidimpuan

Jurmiah, Jurmiah (2022) Program sekolah dalam menguatkan nilai keagamaan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah program yang dilaksanakan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan, yaitu setiap pagi MTs N 2 Padangsidimpuan mengadakan pembacaan ayat-ayat Alqur’an setiap apel pagi sebagai langkah dalam penguatan nilai keagamaan siswa. Maka dari itu untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah penguatan nilai-nilai keagamaan siswa dengan program kegiatan sekolah peneliti mengangkat penelitian ini. Rumusan masalah tentang bagaimana bentuk program sekolah dalam menguatkan nila-nilai keagamaan siswa dan apa kendala yang dihadapi dalam menguatkan nilai-nilai keagamaan siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk program sekolah dalam menguatkan nila-nilai keagamaan siswa dan kendala dalam menguatkan nilai-nilai keagamaan siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara, kemudian diolah dengan bentuk deskriptif dengan analisis data kualitatif deskriptif, mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikn kesimpulan. Untuk menjamin data yang diperoleh dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk program sekolah dalam menguatkan nilai keagamaan siswa di MTsN 2 Padangsidimpuan adalah meliputi; Pertama, apsek akidah yaitu dengan keteladanan, kisah para rasul sebelum proses belajar mengajar, mengajarkan etika, mengajak siswa merenungi ciptaan Allah SWT dan berdoa sebelum makan dan minum. Kedua, aspek ibadah yaitu dengan pembacaan ayat dan surah Alqur’an setiap apel pagi, mewajibkan shalat berjamaah, dan selalu berdoa pada pembukaan dan penutupan pembelajaran. Ketiga, akhlak yaitu dengan membuat tata tertib siswa, menganjurkan untuk menghormati dan mengargai orang lain, menjaga kerukunan dan kenyamanan madrasah, menjaga nama baik sekolah, dan selalu mengikuti kegiatan proses belajar mengajar yang berlangsung selama di sekolah. Kendala dalam pelaksanaan menguatkan nilai keagamaan siswa MTsN 2 Padangsidimpuan adalah terkait dengan; Pertama, faktor internal siswa yaitu siswa tidak sepenuhnya mengikuti ketentuan, peraturan dan tata tertib siswa dengan baik. Kedua, faktor eksternal sekolah adalah terkait dengan masalah pendidikan dan pengawasan orang tua terhadap anak selama di rumah dan lingkungan masyarakatnya, dan pengaruh teman sebaya yang menjadi teman bermainnya selama di sekolah dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Shaleh Dalimunthe, M.A. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd.
Keywords: Program sekolah; Penguatan nilai; Nilai keagamaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:30
Last Modified: 10 Dec 2022 08:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8150

Actions (login required)

View Item View Item