Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga

Gunawan, Rohim (2022) Efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan komputer atau gadget. Pembelajaran daring perdana dilakukan di Indonesia khususnya di MAN Sibolga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pendidikan, Sehingga banyak guru yang belum terbiasa mengajar dan memanfaatkan media daring secara maksimal. Menimbang guru dan siswa masih beradaptasi dengan pembelajaran daring dan materi-materi Fikih yang bersifat praktis tidak bisa dilakukan secara daring dan terpaksa harus dilakukan secara teoritis. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti lebih lanjut bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Penelitian ini bermaksud menjawab permasalahan: 1) Bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga? 2) Apa faktot pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga? 3) Bagaimana hasil pembelajaran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajran daring pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Sibolga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan wawancara terstruktur yang hanya memuat pertanyaan-pertanyaan tertentu, dimana set-set pertanyaan dengan urutan yang telah disiapkan oleh peneliti. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini, meyimpulkan bahwa pembelajaran daring pada bidang studi Fikih tidak berjalan dengan efektif, dikarenakan banyak guru-guru yang belum familiar dalam menggunakan teknologi sehingga pembelajaran yang di sampaikan kurang dimengerti siswa dan juga kurangnya pengawasan terhadap siswa sehingga siswa kurang serius dalam menanggapi pembelajaran yang disampaikan guru, materi yang akan disampaikan tidak cocok disampaikan melalui daring karena materi Fikih ada yang bersifat praktis tidak bisa dilakukan secara daring sehingga pembelajaran tidak terlaksana secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Efektivitas; Pembelajaran daring; Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:19
Last Modified: 30 Nov 2022 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8132

Actions (login required)

View Item View Item