Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model cooperaative learning tipe group investigation dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pokok luas bangun datar untuk Siswa Kelas IV SDN 200304 Siparau Padangsidimpuan

Siregar, Abdul Rahman (2019) Penerapan model cooperaative learning tipe group investigation dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pokok luas bangun datar untuk Siswa Kelas IV SDN 200304 Siparau Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika dikelas. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan guru sering menyuruh siswa menghapalkan konsep-konsep matematika, sehingga kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sangat rendah. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika dikelas yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan perkembangan kognitif anak usia dini Sekolah Dasar pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami pemecahan masalah yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok luas bangun datar siswa kelas IV SDN 200304 Siparau Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 200304 Siparau Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 20 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis statistic sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 15% (3 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 47. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 35%(7 dari 20) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 54,75. Pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 65% (13 dari 20) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 70,75. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80% (16 dari 20) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 74 dan pada siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95% (19 dari 20) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 82,5. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilaiyang diharapkan dan telah mencapai 85% siswa yang tuntas belajar, maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan penerapan Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok luas bangun datar siswa kelas IV SDN 200304 Siparau Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Luas bangun datar; Model cooperative learning tipe group investigation
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Apr 2020 14:57
Last Modified: 22 Apr 2020 14:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item