Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh peningkatan penjualan dan dividen terhadap return saham (studi kasus pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2009-2014

Sari, Purnama (2016) Analisis pengaruh peningkatan penjualan dan dividen terhadap return saham (studi kasus pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2009-2014. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0247.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya fenomena antara peningkatan penjualan dan dividen terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2009-2014, fenomena yang terjadi adalah penjualan dan dividen dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan namun return saham berfluktuasi mengalami peningkatan dan penurunan secara drastis bahkan terjadi kerugian, artinya meningkatnya penjualan dan jumlah dividen tidak diikuti oleh meningkatnya jumlah return saham, jadi fenomena yang terjadi tidak sesuai dengan teori yang ada yang apabila terjadi peningkatan penjualan dan jumlah dividen maka diharapkan return saham juga ikut mengalami peningkatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi keuangan dan manajemen keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan akuntansi keuangan dan manajemen keuangan sebagai aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data adalah data sekunder dengan bentuk data time series. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSS versi 22.0. Dari hasil uji signifikansi parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel peningkatan penjualan memiliki thitung > ttabel = 3,136 > 1,692, dengan nilai signifikan 0,004<0,05, artinya H0 ditolak, jadi variabel peningkatan penjualan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Variabel dividen memiliki thitung > ttabel = 2,364>1,692, nilai signifikan 0,024 < 0,05, artinya H0 ditolak, jadi variabel dividen juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Berdasarkan hasil uji signifikansi simultan (Uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (20,523>3,284), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak artinya variabel peningkatan penjualan dan dividen secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2009-2014. Adapun Adjusted R Square sebesar 0,554 (55%) artinya variabel peningkatan penjualan dan dividen memberikan sumbangan pengaruh sebesar 55% terhadap variabel return saham sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Peningkatan Penjualan; Dividen; Return Saham
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 31 Mar 2020 05:08
Last Modified: 10 Jul 2020 02:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item