Lubis, Nurhalimah (2022) Pelayanan jasa angkutan CV. Madina Utama Travel terhadap penumpang ditinjau dari kompilasi hukum ekonomi syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1810200030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Madina Utama Travel adalah sebuah perusahaan yang berbentuk CV yang menawarkan agen perjalanan dan wisata dengan menggunakan mobil dengan cat berwarna putih. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelayanan jasa yang diberikan CV. Madina Utama Travel terhadap pengantaran penumpang dan bagaimana tinjauan Kompilsai Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelayanan jasa yang diberikan CV. Madina Utama Travel terhadap penumpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban bagaimana pelayanan yang diberikan CV. Madina Utama Travel dan memperoleh jawaban bagimana tinjauan Kompilsai Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelayanan jasa yang diberikan CV. Madina Utama Travel terhadap penumpang. Menurut KHES dalam Pasal 20 ayat 1 yang dimaksud dengan Akad adalah kesepakatan dalam suatu perjanjian antara dua pihak atau lebih untuk melakukan dan atau tidak melakukan perbuatan hukum tertentu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara (interview) langsung kepada direktur CV. Madina Utama Travel, sopir dan penumpang, metode observasi di lokasi penelitian dan dokumentasi berupa spanduk CV. Madina Utama Travel dan karcis penumpang. Waktu melakukan penelitian ini sekitar 2 bulan dan lokasi penelitian ini berada di Jalan Jenderal Sudirman depan Perguruan Sari Putra, Sadabuan, Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah CV. Madina Utama Travel, sopir dan penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi rukun-rukun (orang yang berakad atau aqid, sesuatu yang diakadkan atau ma’qud alaih, tujuan dilakukan akad atau ma’qud al-aqad, dan sighat atau ijab qabul) telah terpenuhi. Syarat-syarat akad juga telah memenuhi sesuai dengan Kompilasi Hukum Ekonomi syariah. Akan tetapi sopir (aqid) melanggar asas amanah dan asas saling menguntungkan sehingga timbul ingkar janji yang dilakukan oleh sopir pada penumpang yaitu tidak mengantarkan sampai tujuan. Hal ini membuat penumpang merasa kecewa karena tidak diantarnya sampai tujuan yang merugikan waktu dan ongkos. Sopir tidak melaksanakan akad yang disepakati sehingga tidak melaksanakan pelayanan jasa yang diterapkan di CV. Madina Utama Travel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmatnijar, M.Ag. dan Nurhotia Harahap, M.H. |
Keywords: | Pelayanan; Angkutan; Sopir; Penumpang; Kompilasi hukum ekonomi syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services > 150703 Road Transportation and Freight Services 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8064 |
Actions (login required)
View Item |