Harahap, Yuliana (2022) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi operasi himpunan melalui discovery learning di Kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari pengamatan saya dengan salah satu guru bidang studi Matematika SMP Negeri 2 Padangsidimpuan yang mengatakan bahwa pemecahan masalah pada Matematika siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tanpa berusaha memahami dan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa materi Operasi Himpunan kelas VII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa materi Operasi Himpunan kelas VII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali Siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-XI SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dari 29 siswa atau 21% dari jumlah siswa. Hasil tes dari Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 62,24 dengan persentase ketuntasan 62% dan pada Siklus I Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 67,93 dengan persentase ketuntasan 45%. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 75,17 dengan persentase ketuntasan 62% dan pada Siklus II Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 82,93 dengan persentase ketuntasan 86.20%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada tiap Siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah siswa pada materi Operasi Himpunan kelas VII-XI SMP Negeri I Padangsidimpaun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. |
Keywords: | Model pembelajaran discovery learning; Pemecahan masalah; Himpunan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:13 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 04:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8041 |
Actions (login required)
View Item |