Siregar, Boy Rangga (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audiovisual pada pelajaran bahasa indonesia di Kelas IV SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Muaratais. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais. Berdasarakan kondisi awal melalui hasil observasi awal yang dilakukan masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih kurang bervariasinya sehingga membuat siswa kurang aktif dalam belajar. Adapun solusi yang diberikan dengan penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan KKM yang berlaku SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais. Media audiovisual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, meliputi media yang dapat dilihat dan didengar. Ada banyak jenis dari media audivosual. Media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar melalui penelian yang dilakukan. Hasil belajar adalah Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap, dan perilakunya Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari kondisi awal, siklus I, siklus II, dan siklus III yang setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Peningkatan dilihat dari hasil tes dan observasi yang diberikan peneliti. Pada Siklus I pertemuan I nilai rata-rata 67, 85 dan persentase ketuntasannya 35, 81 %. Siklus II nilai rata- rata yang diperoleh 72, 14 dan persentase ketuntasan 64, 28 %. Dan di siklus III nilai rata- rata yang diperoleh adalah 82, 85 dan persentase ketuntasan 85, 71%. Hasil observasi tanggapan siswa menggunakan kategori amat baik, baik, sukup, kurang dan sangat kurang. Pada siklus I persentase tanggapan siswa pada kategori sangat kurang sebesar 92, 85 %, dan kategori amat baik sebanyak 7, 14 %. Pada siklus II kategori sangat kurang sebanyak 71, 42%, kategori amat baik sebanyak 28, 57 %. Di siklus III, kategori amat baik sebanyak 71, 42 %, dan kategori kurang sebanyak 28, 57%. Dilihat dari hasil tindakan siklus I, siklus II, sampai siklus III terdapat peningkatan jumlah nilai rata- rata, persentase siswa serta tanggapan siswa pada pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Akhiril Pane, M.Ag. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar; Media audiovisual; Bahasa indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 01:44 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8037 |
Actions (login required)
View Item |