Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divison terhadap prestasi belajar matematika tema hidup rukun di sekolah siswa Kelas II SDN 161 Bangun Purba Mandailing Natal

Maysaroh, Maysaroh (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divison terhadap prestasi belajar matematika tema hidup rukun di sekolah siswa Kelas II SDN 161 Bangun Purba Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah model yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terfokus pada penugasan menjadikan siswa merasa bosan dalam belajar membuat para siswa bermain saat guru menjelaskan mata pelajaran dan pembelajaran yang disampaikan terkesan membosankan sehingga membuat proses pembelajaran tidak menarik yang mengakibatkan prestasi belajar tidak memuaskan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap prestasi belajar Matematika tema hidup rukun di sekolah siswa kelas II SDN 161 Bangun Purba Mandailing Natal?. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap prestasi belajar Matematika tema hidup rukun di sekolah siswa kelas II SDN 161 Bangun Purba Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan motode rendomized control group pre test post test control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 161 Bangun Purba yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas II-a kelas kontrol dan II-b kelas eksperimen dengan jumlah 49 siswa. Sampel dikelas eksperimen yang diberi perlakuan 25 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 24 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Dari hasil penelitian analisis data, soal post test yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa dengan materi penjumlahan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,55 dan kelas kontrol 76,72. Berdasrkan pengolahan data dengan menggunakan uji-t kedua kelas memiliki perbedaan, dimana dengan t_hitung< t_tabel yaitu 3,74>2,045 berarti H_a diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran koopertif tipe Student Teams Achievement Division terhadap prestasi belajar Matematika di SDN 161 Bangun Purba Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Prestasi belajar; Matematika MI/SD
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:10
Last Modified: 10 Dec 2022 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item