Indriani, Rizka Aprilia (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui media sederhana pada siswa Kelas IV SD Negeri 158352 Sitardas 2 Kacamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang masih kurang menyukai pembelajaran matematika dikarenakan menurut siswa, matematika adalah pelajaran yang sulit dimengerti karena banyak rumus yang harus dihafal dan pengerjaan soalnya harus memiliki penyelesaian. Guru dalam proses pembelajaran belum menggunakan media yang dapat membantu dalam menjelaskan materi agar siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran yang sampaikan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan media visual sederhana dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV-B SD Negeri 158352 Sitardas 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV-B SD Negeri 158352 Sitardas 2 melalui media visual sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD negeri 158352 sitardas 2 Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjumlah 39 0rang. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan Tes dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil belajar Matematika pada materi pecahan senilai dengan menggunakan media visual sederhana pada siswa kelas IV-B SD Negeri 158352 Sitardas 2 Kabupaten Tapanuli Tengah mengalami peningkatan, dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1 dan 2, penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika materi pecahan senilai meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kelas 15,4% menjadi 74,4% . Persentase tersebut belum mencapai target kriteria ketuntasan klasikal. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 dan 2, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 94,9%. Nilai tersebut telah mencapai KKM dan mencapai target ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu lebih dari 85% siswa memperoleh nilai 70,00 atau lebih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Dr. Maryam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar; Media visual sederhana |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:03 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7995 |
Actions (login required)
View Item |