Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran accelerated learning pada pokok bahasan operasi bilangan di Kelas III SDN 083 Pidoli Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Sakinah, Fitri (2022) Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran accelerated learning pada pokok bahasan operasi bilangan di Kelas III SDN 083 Pidoli Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Matematika siswa kelas III SDN 083 Pidoli, berdasarkan data awal rendah. Saat proses pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan guru selalu menugaskan siswa menghafal. Metode hafalan memberatkan memori otak siswa serta daya ingat setiap siswa tidak selalu sama, sehingga siswa malas dan tidak menyukai pembelajaran Matematika. Padahal materi penjumlahan dan pengurangan merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai setiap siswa agar tidak terbengkalai dalam mengikuti materi Matematika selanjutnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka diadakannya penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan Model Accelerated learning. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecepatan siswa dalam berhitung serta memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 Siklus, setiap Siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 083 Pidoli yang berjumlah 25 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari nilai rata-rata siswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Accelerated Learning. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil tes kemampuan awal siswa (prasiklus) menunjukkan yang tuntas 20% atau 5 siswa dan yang tidak tuntas 80% atau 20 siswa. Pada Siklus I Pertemuan I dan Pertemuan II ada peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 32% atau 8 siswa yang tidak tuntas 68% atau 17 siswa dan pertemuan II yang tuntas sebanyak 52% atau 13 siswa yang tidak tuntas 48% atau 12 siswa. Pada Siklus II pertemuan I dan II hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa meningkat pertemuan I yang tuntas sebanyak 60% atau 15 siswa yang tidak tuntas sebanyak40% atau 10 siswa dan pertemuan II siswa yang tuntas sebanyak 80% atau 20 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 20% atau 5 siswa. Dengan demikian berarti penerapan Model accelerated learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan kelas III di SD Negeri 083 Pidoli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si, M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Accelerated learning; Penjumlahan dan pengurangan; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:40
Last Modified: 10 Dec 2022 04:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item