Lubis, Afdelina (2022) Partisipasi komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 179 Tambangan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100206.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih aktifnya peran serta fungsi Komite Sekolah dalam berpartisipasi sebagaimana mestinya di Sekolah Dasar Negeri 179 Tambangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 179 Tambangan 2) Apa bentuk partisipasi Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 179 Tambangan 3) Apa faktor pendukung dan penghambat Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 179 Tambangan. Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh perencanaan/strategi yang dibangun guru dan sekolah, terdapat pilar penting yang mempengaruhinya yaitu keselarasan dukungan dari orangtua siswa/masyarakat yang diakomodasi melalui Komite Sekolah, sehingga dalam hal ini Komite Sekolah memiliki peran dan fungsi terhadap pengelolaan suatu pendidikan. Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas, efisiensi dan pemerataan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Adapun peran Komite Sekolah adalah: pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator antara pemerintah dan masyarakat di satuan pendidikan. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Komite Sekolah sebanyak 3 orang, guru berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan, kecukupan referensi, triangulasi. Teknik pengolahan analisis data: klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 179 Tambangan sudah cukup baik dilihat dari terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan yang mencakup standar kompetensi kelulusan, isi, proses, penilaian pendidikan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Partisipasi Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan sudah terlaksana cukup baik yang dilihat dari partisipasi Komite Sekolah dalam bentuk pikiran, materi, tenaga, dan sosial. Adapun faktor pendukung Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu terjalinnya komunikasi yang harmonis antara pihak sekolah dan Komite Sekolah, besarnya dukungan dari orangtua siswa/masyarakat, antusiasnya stakeholders terhadap pendidikan, prestasi siswa baik akademik maupun non-akademik, nilai UAS siswa di atas SKM, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Kurangnya koordinasi antar sesama Komite, perbedaan latar belakang Komite Sekolah dan perbedaan latar belakang orangtua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Partisipasi; Komite sekolah; Kualitas pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 08:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7899 |
Actions (login required)
View Item |