Lestari, Inda (2022) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih Kelas VII MTs NU Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran Fiqih yang didominasi oleh guru serta media pembelajaran yang kurang memadai membuat siswa hanya mendaptkan informasi dari guru saja sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan berpusat pada guru saja. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan kebosanan siswa terhadap pembelajaran, siswa menjadi kurang aktif dan menyebabkan pemahaman siswa rendah. Melihat fakta tersebut peneliti berkeinginan menggunakan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs NU Natal. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MadrasahTsanawiyah Swasta Nahdatul Ulama Natal. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari dari pertemuan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi pertemuan pertama menjadi bahan acuan untuk melanjutkan pertemuan berikutnya. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Fiqih, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan setiap siklus, dengan rincian sebagai berikut, pelaksanaan pra siklus pemahaman siswa mencapai sebesar 49,93, pertemuan pertama (Siklus I) dengan nilai rata-rata 63,51, pertemuan kedua (Siklus I) dengan nilai rata-rata 66,72, dan pertemuan ketiga (Siklus II) dengan nilai rata-rata 70,34. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdatul Ulama Natal dengan menggunakan media audio visual sebesar 75,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Media audio visual; Pemahaman dan fiqih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:05 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 04:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7885 |
Actions (login required)
View Item |