Harahap, Maisaroh (2022) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada tema daerah tempat tinggalku melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD di SDN 100070 Sayur Matinggi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan pencapaian hasil belajar kognitif siswa sangat berdampak kepada pencapaian mutu pembelajaran dan mutu pendidikan.Kurikulum 2013 juga menuntut terjadinya peningkatan aspek pengetahuan (knowledge), yang bertujuan untuk mempersiapkan manusia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang produktif, inovatif, dan efektif serta mampu berkonstribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. Namun yang menjadi permasalahan adalah pencapaian hasil belajar siswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada tema daerah tempat tinggalku melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions di kelas IV SDN 100070 Sayur Matinggi. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisionsdi kelas IV SDN 100070 Sayur Matinggi Penelitian ini dilaksanakan di SDN 100070 Sayur Matinggi, kecamatan Batang Onang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan instrumen tes dan observasi.Hasil tes kemampuan awal peserta didik (pra siklus)nilai rata-rata keseluruhan tes sebesar 66.63 dimana dari 8 siswa yang di tes terdapat sebanyak 6 siswa tidak tuntas dan sebanyak 2 siswa tuntas. Adapun persentase siswa yang tuntas PADA pra siklus adalah sebesar 25% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 75%.Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik terjadi dari siklus I sampai siklus II. Siswa yang tuntas pada pertemuan ke I siklus I yaitu sebanyak 3 siswa atau dengan persentase sebesar 37.50%, meningkat pada pertemuan ke II dengan siswa tuntas sebanyak 4 atau dengan persentase sebesar 50% yaitu terjadi peningkatan sebesar 12.5%. Kemudian pada siklus ke II pertemuan pertama siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau dengan persentase sebesar 62.50% meningkat pada pertemuan kedua dimana jumlah siswa tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase sebesar 87.50%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisionshasil belajar kognitif siswa dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Kognitif; Siswa; STAD |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 09:03 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 04:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7843 |
Actions (login required)
View Item |