Faisal, Muhammad (2022) Meningkatkan hasil belajar dengan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih materi sholat i’dain Siswa Kelas IV Zubair SD IT Nurul I’lmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Dan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa yang terjadi di SD IT Nurul llmi Padangsidimpuan masih sangat jauh yang diharapkan. Masih banyak pembelajaran yang hanya berpusat kepada guru saja, sementara peserta itu siswa hanya menerima pembelajaran. Ketidak berhasilan peserta didik kelas IV Zubeir dalarn proses belajar, dapat dilihat pada tes awal yakni dan 33 peserta didik yang ada di Kelas IV SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan hanya 10 peserta didik yang dinyatakan tuntas hanya 30, 3.0 %. Sementara yang belum tuntas berjumlah 23 peserta didik. Dalam peningkatan basil belajar peserta didik peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Materi Sholat I’dain Siswa Kelas IV Zubeir SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan” Rumusan masalah penelitian ini adalah penerapan metode Demonstrasi dalam rneningkatkan basil helajar peserta didik kelas IV Zubeir pada mata pelajaran Fiqih Materi Sholat I’dain Siswa Kelas IV Zubeir SD IT Nurul I’lmi Padangsidimpuan. Tujuan dan penelitian ini untuk rnengelahui metode Demonstrasi dalam meningkatkan hasil helajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Fiqih Materi Sholat I’dain Kelas IV Zubeir SD IT Nurul llmi Padangsidimpuan Metode penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas Proses pembelajarannya nenerapkan metode Demonstrasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dan 4 tahap. yaitu Planning. acting, observing. dan reflecting dengan tercapainya hasil yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Zuheir SD IT Nurul I’lmi Padangsidimpuan. Instrumen penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian ini bahwa penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Fiqih Materi Sholat I’dain Siswa Kelas IV Zuheir SD IT Nurul I’lmi Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh peneliti disetiap siklusnya. Mendemonstrasikan/memperaktekkan, nilai rata-rata. keaktifan dan hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dari pra siklus yaitu 59, 59 menjadi 75, 75. Dengan itu disimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dapat meningkalkan basil belajar peserta didik kelas IV Zubeir pada mata pelajaran Fiqih Materi Sholat Fdain Siswa Kelas IV Zubeir SD IT Nurul I’lmi Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Syafnan, M.Pd. dan Dr. Suparni, S.si, M.Pd. |
Keywords: | Meningkatkan hasil belajar; Metode demonstrasi penelitian tindakan kelas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 08:46 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7841 |
Actions (login required)
View Item |