Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media flash card di Kelas IV-A SD Negeri 100101 Simatorkis Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Rambe, Dini Savitri (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media flash card di Kelas IV-A SD Negeri 100101 Simatorkis Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh matematika dan hasil belajar siswa yang masih rendah, diakibatkan karena dalam proses pembelajaran tidak menggunakan penunjang proses pembelajaran, seperti menggunakan media pembelajaran. Dalam hal ini peneliti ingin menerapkan media pembelajaran berupa Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas IV-A SD Negeri 100101 Simatorkis Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media flash card di kelas IV-A SD Negeri 100101 Simatorkis kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan? . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan media flash card di kelas IV-A SD Negeri 100101 Simatorkis kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan media Flash Card. Sedangkan metode observasi dingunakan untuk melihat aktifitas belajar dengan penerapan media Flash Card. Data hasil penelitian ini membuktikan hipotesis diterima dengan adanya peningkatan hasil tes siswa yaitu pada pra siklus nilai rata-rata kelas sebesar 54,06 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 25%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 58,75758 dengan presentase ketuntasan hasil tes siswa sebesar 41.67% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas sebesar 65,36364 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 58.33%. Kemudian dilanjutkan kembali pada siklus II pertemuan 1 yang mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 71,54545 dengan persentase ketuntasan hasil tes siswa sebesar 75% dan pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas menjadi 77,63636 dengan presentase ketuntasan hasil tes siswa sebesar 80.75%, sehingga penelitian ini telah dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 keatas sebanyak 21 siswa) dengan kata lain siswa telah tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si. M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Flash card; Hasil belajar; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:46
Last Modified: 31 Dec 2022 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7830

Actions (login required)

View Item View Item