Putra, Aswan Syah (2018) Minat belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00211.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keadaan minat belajar PAI pada siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini di latar belakangi minat belajar yang berbeda-beda terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena pada kelas tersebut mereka masih ribut di dalam kelas, keluar masuk kelas, tidak mengerjakan tugas rumah, sering terlambat dan sering cabut dari kelas, berdasarkan nilai yang mereka peroleh jauh dari yang di harapkan dikarenakan kurangnya minat belajar mereka dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimana minat belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitaian ini yaitu sumber data primer (siswa kelas XI IPA 3) dan sumber data skunder adalah guru pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan datanya. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan mengolah dan mengambil kesimpulan dari data-data yang dikumpul dan diuji dengan teknik penjaminan keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan peneliti bahwa minat belajar siswa kelas XI IPA 3 tergolong berminat dan ada juga yang tidak, mereka ada yang serius mendengarkan materi dan ada juga yang tidak serius, terbukti mereka masih ada yang ribut dan mengganggu teman yang lainnya ketika proses pembelajaran berlangsung. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa adalah faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan di luar sekolah, metode yang digunakan guru saat mengajar, faktor pergaulan, gaya mengajar guru merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, apabila kurang kreatif dalam menyampaikan materi siswa akan cendrung malas mengikuti materi yang di ajarkan guru. Upaya guru meningkatkan minat belajar PAI pada siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan adalah pemberian motivasi, memberikan umpan balik (feed back), penugasan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat belajar; upaya guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 03:18 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 03:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/783 |
Actions (login required)
View Item |