Siregar, Abdul Mutholib (2021) Penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan berpangkat di SMP Negeri 1 Batang Onang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bilangan berpangkat. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran, sistem pembelajaran yang digunakan di sekolah masih menggunakan metode konvensional dan kurang bervariasi dalam mengajar sehingga membuat siswa tidak termotivasi dan kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi bilangan berpangkat melalui model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ). Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Onang pada materi bilangan berpangkat? Dan bagaimana proses pembelajaran model Teams Games Tournament ( TGT ) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bialangan berpangkat di SMP Negeri 1 Batang Onang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) dengan menggunakan model Jhon Elliot yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima,yakni hasil belajar matematikan siswa meningkat melalui model Teams Games Tournament ( TGT ) pada materi bilangan berpangkat di SMP Negeri 1 Batang Onang. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata persentase hasil belajar matematika siswa, pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 21,42% pada pertemuan ke-1 dan ke-2 persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 39,28% dan 64,28%. Sedangkan pada siklus 2 siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil 82,14%. Persentase ketuntasan hasil belajar diatas telah mencapai ≥ 75% dari seluruh jumlah siswa sehingga penelitian ini dikatakan sudah berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si. M,Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Teams games tournament ( TGT ); Hasil belajar dan bilangan berpangkat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:17 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7828 |
Actions (login required)
View Item |