Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan media jari aljabar Kelas II Di SD Negeri 100301 Pargarutan

Situmorang, Tuti Rari Anti (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan media jari aljabar Kelas II Di SD Negeri 100301 Pargarutan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Matematika siswa kelas II-A SD Negeri 100301 Pargarutan, berdasarkan data awal rendah. Saat proses pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan guru selalu menugaskan siswa menghafal. Metode hafalan memberatkan memori otak siswa serta daya ingat setiap siswa tidak selalu sama, sehingga siswa malas dan tidak menyukai pembelajaran Matematika. Padahal materi penjumlahan dan pengurangan merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasi setiap siswa agar tidak terbengkalai dalam mengikuti materi Matematika selanjutnya. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan Media Jari Aljabar. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecepatan siswa dalam berhitung serta memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 Siklus, setiap Siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan di kelas II-A SD Negeri 100301 Pargarutan yang berjumlah 18 siswa, yaitu 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari nilai rata-rata siswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Media Jari Aljabar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil tes kemampuan awal siswa (prasiklus) menunjukkan yang tuntas 38,88% atau 7 siswa dan yang tidak tuntas 61,11% atau 11 siswa. Pada Siklus I Pertemuan I dan Pertemuan II ada peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 69,44% atau 14 siswa yang tidak tuntas 30,55% atau 4 siswa. Pada Siklus II hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa meningkat menjadi 94,44% atau 17 siswa. Dengan demikian berarti penerapan Media Jari Aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan kelas II di SD Negeri 100301 Pargarutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Jari aljabar; Operasi penjumlahan dan pengurangan; Hasil belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:10
Last Modified: 31 Dec 2022 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7800

Actions (login required)

View Item View Item