Nurkhadijah, Nurkhadijah (2022) Profil prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh prestasi belajar Matematika yang dimiliki oleh setiap siswa masih tergolong rendah ke dalam kategori rendah sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini guna mendeskripsikan dan mengetahui prestasi belajar Matematika bila ditinjau dari gaya belajar siswa yang dilihat dari nilai rapot kemudian dsesuaikan dengan gaya belajar siswa. Dimana gaya belajar terbagi oleh tiga macam yaitu gaya belajar visual (dengan cara melihat), gaya belajar auditorial (dengan cara mendengarkan), dan gaya belajar kinestetik (gaya belajar yang mengandalkan pada gerakan-gerakan fisik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar Matematika kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang memiliki gaya belajar visual, untuk mengetahui prestasi belajar Matematika kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang memiliki gaya belajar auditorial, dan untuk mengetahui prestasi belajar Matematika kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang memiliki gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisa data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda begitupula dengan prestasi belajar Matematika yang mereka peroleh. Umumnya prestasi belajar Matematika siswa paling tinggi dimiliki oleh gaya belajar auditorial (dengan cara mendengar) diperoleh 9 siswa yang memiliki gaya belajar ini dengan rata-rata nilai 85,11 kemudian gaya belajar Kinestetik (bergerak/menyentuh) yang dimana diperoleh 11 dari 26 siswa yang memiliki gaya belajar ini dengan rata-rata nilai 83,09. Dan prestasi belajar Matematika rendah dimiliki oleh gaya belajar visual (dengan cara melihat) diperoleh 6 siswa dengan rata-rata nilai 81,83.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Prestasi belajar matematika; Gaya belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 08:35 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7788 |
Actions (login required)
View Item |