Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS ) terhadap komunikasi matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) untuk Siswa Kelas VIII Di UPTD SMPN 2 Kotanopan Kab. Mandailing Natal

Aminah, Siti (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS ) terhadap komunikasi matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) untuk Siswa Kelas VIII Di UPTD SMPN 2 Kotanopan Kab. Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika selama ini masih cenderung mengunakan metode konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Oleh karena itu perlu merubah model pembelajaran yang selama ini diterapkan. Peneliti berusaha menyusun dan mengaplikasikan model pembelajaran kooperstif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap komunikasi matematika siswa di kelas VIII UPTD SMPN 2 Kotanopan Kab. Mandailing Natal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperaif tipe think pair share terhadap komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII UPTD SMPN 2 Kotanopan Kab. Mandailing Natal Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan teknik cluster random sampling, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan tahun ajaran 2020-2021 yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 58 siswa. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas sebanyak 40 siswa, 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh dikelas sampel berdistribusi normal. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 86,5 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 75,75 . pengujian uji-t diperoleh thitung > ttabel (4,25 > 2,024) maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VIII UPTD SMPN 2 Kotanopan Kab. Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Model pembelajaran; Think pair share; Kemampuan komunikasi matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:00
Last Modified: 10 Dec 2022 02:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item