Harahap, Laila Tus Sypa (2022) Penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pythagoras pada Siswa Kelas VIII MTs.S Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan Kecamatan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika di MTs.S Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur yang mengatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kurang bervariasi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar menjadi tidak maksimal. Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII-B pada materi pythagoras MTs.S Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Pythagoras di kelas VIII-B MTs.S Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali Siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs.S Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur yang berjumlah 30 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas 7 siswa dari 30 siswa atau 20% dari jumlah siswa. Hasil tes dari Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 56,66 dengan persentase ketuntasan 33,3% dan pada Siklus I Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 63,16 dengan persentase ketuntasan 46,6%. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 78,83 dengan persentase ketuntasan 66,66% dan pada Siklus II Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 81 dengan persentase ketuntasan 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada tiap-tiap Siklusnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. H. Darwis Dasopang, M.Ag. |
Keywords: | Model pembelajaran cooperative script; Hasil belajar; Pythagoras |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 04:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7779 |
Actions (login required)
View Item |