Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran number head together (NHT) pada pokok bahasan peluang di Kelas IX M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan Kecamatan Angkola Timur

Ichsani, Amaliyah Nur (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran number head together (NHT) pada pokok bahasan peluang di Kelas IX M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan Kecamatan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika di M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur yang mengatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kurang bervariasi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar menjadi tidak maksimal. Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IX-C pada materi Peluang M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Peluang di kelas IX-C M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali Siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-C M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan, Kecamatan Angkola Timur yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Number Head Together Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 65.6 dengan persentase ketuntasan 36% dan pada Siklus I Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 66.8 dengan persentase ketuntasan 44%. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 75.6 dengan persentase ketuntasan 64% dan pada Siklus II Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 82.6 dengan persentase ketuntasan 92%. Hasil ini menunjukkan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX-C M. Ts. Mangaraja Panusunan Achir Hasibuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag.
Keywords: Model pembelajaran number head together; Hasil belajar; Peluang
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010404 Probability Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:24
Last Modified: 31 Dec 2022 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7777

Actions (login required)

View Item View Item