Saragi, Juli Yatika (2021) Perbandingan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan menggunakan aplikasi google classroom dan whatsapp group untuk Siswa Kelas X Di MAS P.I Yaqubiyah Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kelas yang diajar dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan kelas yang diajar dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Group serta untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa materi bangun datar dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk siswa kelas X MAS P.I Yaqubiyah Gunung Tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbandingan yang signifikan penggunaan media google classroom dan whatsapp group terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar pada siswa kelas X MAS P.I Yaqubiyah Gunung Tua?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan aplikasi google classroom dan whatsapp group terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar pada siswa kelas X MAS P.I Yaqubiyah Gunung Tua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAS P.I Yaqubiyah Gunung Tua dan sampelnya adalah siswa kelas X A IPS dan X B IPS yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu hasil belajar matematika (X) sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Classroom (Y1) dan Whatsapp Group (Y2). Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Kesamaan rata-rata, Uji Perbedaan rata – rata, dan Uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dikelas kontrol nilai rata – rata pretest yaitu 61,19 dan postest yaitu 69,78 dan dikelas eksperimen nilai rata – rata pretest yaitu 57,25 dan postest yaitu 57,28, dimana rata – rata pretest dan posttest dikelas kontrol lebih baik daripada rata – rata pretest dan Posttest dikelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu – 12,5 < 1,998 dengan taraf signifikan 5% maka H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan media pembelajaran google classroom dan whatsapp group terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar untuk siswa kelas X MAS P.I Yaqubiyah Gunung Tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si, M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution., M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar matematika; Google classroom; Whatsapp group; Bangun datar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080503 Networking and Communications 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 04:02 |
Last Modified: | 10 Dec 2022 07:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7776 |
Actions (login required)
View Item |