Lubis, Nur Fadilah (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe somatis auditori visual dan intelektual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi matematika SMP Negeri 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal yang mengatakan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kurang bervariasi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar menjadi tidak maksimal. Rumusan masalah ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 25 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh hasil tes awal dengan dengan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dari 25 siswa atau 24% dari jumlah siswa. Hasil tes dari siklus I Pertemuan ke-I diperoleh dengan nilai rata-rata 58,2 dengan persentase ketuntasan 40% dan pada Pertemuan ke-II diperoleh dengan nilai rata-rata 68,2 dengan persentase ketuntasan 60%. Pada siklus II Pertemuan ke-I diperoleh dengan nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan 72% dan pada Pertemuan ke-II diperoleh dengan nilai rata-rata 80,8 dengan persentase ketuntasan 84%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si. M.Pd. dan Drs. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe somatis auditori visual dan intelektual (SAVI); Hasil belajar; Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 02:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7775 |
Actions (login required)
View Item |