Maysaroh, Maysaroh (2022) Penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wujud benda di Kelas V SDIT Robbani Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDIT Robbani Rantauprapat, terutama Pada pelajaran IPA. Disebabkan oleh jarangnya penggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Pada proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung kurang memahami pelajaran tersebut. Kemudian proses pembelajaran juga belum optimal, karena penyampaian materi pelajaran IPA yang disampaikan hanya menjelaskan pokok-pokok materi saja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan media powerpoint pada materi wujud benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Islam Terpadu Robbani Rantauprapat? dan bagaimana proses pelaksanaan penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Islam Terpadu Robbani Rantauprapat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media powerpoint pada materi wujud benda di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Robbani Rantauprapat, dan untuk mengetahui proses pelaksanaan penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Robbani Rantauprapat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Robbani Rantauprapat. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa , observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi proses penggunaan media powerpoint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa. Pada kondisi awal sebesar 45,72, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan penggunaan media powerpoint pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 46,52. Siklus I pertemuan ke-2 sebesar 59,44. Sikus II pertemuan ke-1 sebesar 72,72. Siklus II pertemuan ke-2 sebesar 79,96. Dan persentase ketuntasan siswa setiap siklus sebagai berikut: pra siklus sebesar 28%, siklus I pertemuan ke-1 sebesar 32%, siklus I pertemuan ke-2 sebesar 36%, siklus II pertemuan ke-1 sebesar 56%, siklus II pertemuan ke-2 sebesar 84%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar kognitif; Media powerpoint; Materi wujud benda |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 06:41 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7757 |
Actions (login required)
View Item |