Sitompul, Ira Rahma Dewi (2022) Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca di Kelas V SD Negeri 101204 Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru di SD Negeri 101204 Sipirok yang mengatakan bahwa hasil belajar siswa bahasa Indonesia rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa materi membaca di kelas V SD Negeri 101204 Sipirok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dapat meningkat materi membaca di kelas V SD Negeri 101204Sipirok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dengan dua pertemuan dan siklus II dengan satu pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai guru sedangkan wali kelas berperan sebagai observer. Instrument yang digunakan yaitu observasi dan tes yaitu berbentuk Essay Test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101204 Sipirok tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan nilai siswa sebelum siklus dan sesudah siklus. Sebelum siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 20% (5 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 56,4. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 48% (12 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66,96. Siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 72% (18 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 71,12. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 88% (22 dari 25 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78,84. Hal tersebut meningkat dan mengalami perubahan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101204 Sipirok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Metode drill; Hasil belajar; Membaca |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 05:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7756 |
Actions (login required)
View Item |