Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media realia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di Kelas V SDN 02 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Rambe, Fifi Alaida (2022) Penggunaan media realia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di Kelas V SDN 02 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN 02 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria tuntas KKM, disebabkan penggunaan media realia belum digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang berinteraksi antara siswa dan guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN 02 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media realia pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN 02 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengecek data yang diperoleh dari siswa kelas yang diteliti. Teknik ini diperoleh dengan cara tes dengan bentuk butir soal dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media realia pada materi perubahan wujud benda. Pada kondisi awal sebelum tindakan hanya 4 siswa yang tuntas dengan persentase 16% dan nilai rata-rata 38, 4. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa mulai meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 57,2 dan 7 siswa yang tuntas dengan persentase 28%. Kemudian pada pertemuan II terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa 60,4 dan 10 siswa yang tuntas dengan persentase 40%. Pada siklus II pertemuan I hasil belajar siswa terus meningkat yaitu 18 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 72,2 dan persentase ketuntasan 72%. Kemudian pada siklus II pertemuan II meningkat yaitu nilai rata-rata 76,2 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dengan persentase 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Media realia; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:50
Last Modified: 23 Nov 2022 03:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7754

Actions (login required)

View Item View Item