Siregar, Sovi Anwari (2022) Penggunaan media animasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV pada materi bunyi di SD Negeri 25 Sabungan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang khsususnya pada mata pelajaran IPA yang dimana membuat siswa kurang memahami materi sehingga siswa malas untuk melakukan pembelajaran dengan baik. salah satu penyebab siswa memiliki motivasi belajar yang rendah yaitu proses pembelajaran yang dilakukan belum optimal. Hal ini membuat siswa bosan dan memilih berbincang-bincang dengan teman sebangku atau bahkan bermain-main dan membuat keributan dalam kelas. Maka peneliti memberikan solusi yaitu menggunakan media animasi pembelajaran yang berisi gambar bergerak serta suara sehingga membuat motivasi belajar siswa meningkat pada saat memahami materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kelas IV pada materi bunyi dengan menggunakan media animasi pembelajaran di SD Negeri 25 Sabungan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dimana peneliti dengan guru kelas SD Negeri 25 Sabungan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sebagai rekan pelaksanaan tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah siwa kelas IV SD Negeri 25 Sabungan Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/ kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan persentase untuk hasil angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri 25 Sabungan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sebelum pelaksanaa tindakan, sebanyak 3 siswa yang motivasi belajarnya termasuk kategori tinggi (12%) , 6 siswa dalam kategori sedang (24%), 15 siswa motivasi belajarnya masih rendah (60%) dan 1 siswa motivasi belajar sangat rendah (4%) dengan rata rata kelas 49,88%. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I, sebanyak 3 orang termasuk kategori sangat tinggi (12%), 16 orang termasuk kategori tinggi (64%), 5 siswa termasuk kategori sedang(20%) dan 1 siswa motivasi belajarnya rendah (4%) dengan rata-rata sebesar 74,4%. Sedangkan pelaksanaan tindakan siklus II menunjukkan bahwa sebanyak 7 siswa motivasi belajarnya kategori sangat tinggi (28%) dan 18 siswa motivasi belajarnya termasuk kategori tinggi (72%), dengan rata-rata kelas sebesar 79,48 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Motivasi belajar; Media animasi pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 04:16 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7752 |
Actions (login required)
View Item |