Juniati, Melda (2022) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem Kelas V Sd Negeri 033 Hutabaringin Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem masih rendah. Hal ini disebabkan pada saat proses pembelajaran seharusnya guru menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching yang mengharuskan siswa untuk menjadi lebih aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan serta dapat memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran khususnya pada materi ekosistem. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 033 Hutabaringin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam materi pelajaran ekosistem di kelas V SD Negeri 033 Hutabaringin. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa Inggris Classroom Action Reserch (CAR). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa materi ekosistem kelas V SD Negeri 033 Hutabaringin. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran siswa di dalam kelas, respon siswa, keadaan siswa, dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (46,42%) dan yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa (53,58%), sedangkan siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (64,29%) dan 10 siswa (35,71%) yang tidak tuntas. Pada siklus II pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (78,58%) dan yang tidak tuntas sebayak 6 siswa (21,42%), sedangkan siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (85,71%) dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (14,29%). Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas V SD Negeri 033 Hutabaringin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Quantum teaching; Hasil belajar; Materi ekosistem |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050102 Ecosystem Function 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 02:34 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7745 |
Actions (login required)
View Item |