Tanjung, Miftah Khairani (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model contextual teaching and learning pada materi perubahan wujud benda di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas III MI Model Panyabungan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran yang masih berpusat kepada guru sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran tidak mengaitkannya dengan situasi dunia nyata. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembaharuan model pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terutama pada materi perubahan wujud benda. Tujuan dalam penelitian ini adalah dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching amd Learning dalam pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas III MI Model Panyabungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah, artinya belajar akan lebih bermakna jika anak bekerja dan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya bukan sekedar mengetahuinya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Berdasarkan teori Kurt Lewin penelitian tindakan kelas ini ada empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III B pada gelombang pertama yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa padai pra siklus sebelum tindakan, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 20% dari keseluruhan siswa. Pada siklus 1 pertemuan 1 setelah menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning siswa yang tuntas KKM (70) sebanyak 5 siswa atau (33,33%) sedangkan pada siklus 1 pertemuan 2 siswa yang tuntas KKM (70) sebanyak 7 siswa atau (46,66%). Pada siklus II pertemuan 1 pembelajaran menggunakan model contextual teaching and learning siswa yang tuntas KKM (70)sebanyak 10 siswa atau (66,66%) sedangkan pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas KKM (70) sebanyak 13 siswa dengan persentase (86,66%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas III MI Model Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar; Contextual teaching and learning; Perubahan wujud benda |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7740 |
Actions (login required)
View Item |