Simbolon, Ilham Yunus (2022) Penerapan cognitve behavioral theraphy (Cbt) dalam menangani gejala bipolar disorder pada remaja di Lingkungan II Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1730200085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dimulai dari pengalaman peneliti terhadap banyaknya remaja dengan gejala di bipolar disorder yang mengakibatkan timbulnya masalah psikologis pada diri remaja, seperti motivasi dan minat yang kurang, kepercayaan diri yang berubah-ubah, mudah marah, dan kebutuhan tidur menurun. Hal tersebut dapat terjadi karena remaja kurang mampu dalam mengatasi masalah dengan solusi yang baik bagi dirinya, dan kurangnya manajemen dan pengelolaan diri selain itu juga kurangnya pendidikan tentang pentingnya kesehatan mental bagi remaja, sehingga menyebabkan remaja kesulitan dalam problem solving yang tepat. Ketidak tahuan tersebut banyak dipengaruhi oleh lingkungan sosial remaja. Teori cognitive behavioral theraphy pada dasarnya meyakini bahwa pola pemikiran manusia terbentuk melalui proses rangkaian Stimulus–Kognisi-Respon dan dengan terapi yang digunakan dapat menyelesaiakan permasalahan yang ada, khususnya bipolar disorder. Dengan adanya terapi CBT menjadikan terapi ini menjadi salah satu opsi dalam menangani masalah bipolar disorder sendiri pada remaja. Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana kondisi psikologis remaja yang mengalami gejala bipolar disorder, bagaimana penerapan cognitive behavioral theraphy dalam menangani gejala bipolar disorder, dan bagaimana hasil penerapan cognitive behavioral theraphy dalam menangani bipolar disorder pada remaja di Lingkungan II Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode tindakan partisipatori (Research Action Partisipatory). Dengan informan penelitian 4 orang remaja yang mengalami gejala bipolar disorder, 4 orang tua remaja, 4 teman remaja dan 1 Lurah Simatorkis Sisoma. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Penelitian lapangan dibagi ke dalam dua siklus, siklus I yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II kembali mengulangi siklus I. Hasil penelitian penerapan cognitive behavioral theraphy dalam menangani gejala bipolar disorder diketahui ada perubahan yang bertahap. Hal ini dilihat dari kondisi psikologis remaja. Penerapan yang dilakukan adalah penerapan cognitive behavioral theraphy yang dilakukan dua siklus. Remaja dengan Remaja dengan minat dan motivasi yang kurang pada Siklus I Pertemuan I berjumlah 4 remaja labil 100% hingga di siklus II pertemuan dua menjadi 50%. Remaja dengan rasa percaya diri berubah-ubah pada siklus I pertemuan satu yaitu 100% hingga di Siklus II pertemuan dua menjadi 50%. Kemudian perasaan mudah marah di siklus I pertemuan satu 100% hingga di siklus II pertemuan dua berkurang menjadi 25%, dan remaja siklus I pertemuan satu dari 100% hingga siklus II pertemuan dua menjadi 25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag. dan Fithri Choirunnisa Siregar, M.Psi. |
Keywords: | Cognitive; Behavioral; Theraphy; Bipolar; Disorder; Remaja |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:26 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 03:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7718 |
Actions (login required)
View Item |