Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik di SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi

Nasution, Fitri Hartati Dewi (2021) Penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik di SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu, dengan kehadiran media pembelajaran peserta didik lebih mudah memahami bahan atau materi ajar dari pada tanpa bantuan media pembelajaran. Maka pemilihan media yang sesuai dengan materi pembelajaran Tematik menjadi sangat penting. Salah satunya dalam penggunaan media pembelajaran yaitu media powerpoint. Media powerpoint merupakan media pembelajaran yang menyalurkan pesan lewat penglihatan dan pendengaran. Media powerpoint dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan seseorang. Dengan demikian, penggunaan media powerpoint sangat efektif bila diterapkan dalam pembelajaran Tematik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik di SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena atau kejadian yang terjadi dilapangan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi. Hasil penelitian ini dalam kaitannya dengan penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik di SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi: jadi dapat disimpulkan dalam penggunaan media powerpoint pada pembelajaran tematik di SD Negeri 200211/1 Padangmatinggi 1)Video Pembelajaran, Dalam menjelaskan materi dengan menggunakan video pembelajaran melalui media powerpoint tidak terlalu banyak membuang tenaga dan materi yang dijelaskan lebih mudah dipahami peserta didik . 2) Quiz Singkat, Guru hanya memeriksa pekerjaan rumah saja dan nilainya yang dimasukkan sebagai nilai quiz. 3)Pendalaman Materi, belajar di luar kelas baik digunakan untuk memperdalam materi peserta didik, karena informasi yang peserta didik dapatkan sendiri akan mudah diingat daripada yang diberikan oleh guru. 4) Diskusi, dengan kerja kelompok membuat siswa lebih giat belajar dan kolaborasi antar siswa dapat saling menambah pengetahuan dari teman-teman mereka. 5) Review Materi, Setelah peserta didik selesai melakukan presentasi secara keseluruhan, maka guru perlu melakukan review untuk mengukur apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Media powerpoint; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:04
Last Modified: 17 Feb 2022 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7637

Actions (login required)

View Item View Item