Siregar, Linda Erawati (2021) Problematika pembelajaran aqidah akhlak dan pola asuh orang tua terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1923100283.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Alquran Hadis di kelas VIII MTs. S Syahbuddin Mustafa Nauli selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran seadanya saja. Hal inilah yang menyebabkan beberapa siswa kurang minat dalam belajar dan hasil belajar mereka pun tidak mencapai KKM. Untuk menuntaskan masalah pembelajaran tersebut, penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Card Sort untuk memperdalam materi tentang Hukum Bacaan Mad Iwaḍ, Mad layyin dan Mad Ariḍ Lissukữn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu tahap pertama perencanaan, tahap kedua tindakan, tahap ketiga pengamatan, dan tahap keempat refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-L yang berjumlah 23 siswa. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam III siklus yaitu diawali dengan kegiatan Pre Test, kemudian dilanjutkan dengan siklus I, ditindak lanjuti dalam siklus II serta diakhiri pada pertemuan siklus III. Hasil penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Pada kegiatan pre test minat siswa sebesar 43,47%, hasil belajarnya adalah 35.65%. Siklus I pertemuan pertama minat siswa rata-rata 52,60%, hasil belajarnya adalah 47.39%. lalu pertemuan kedua minat siswa sebesar 61,30%, pertemuan kedua hasil belajarnya adalah 56.52%. selanjutnya, Siklus II pertemuan pertama minat siswa 74,34%, pertemuan pertama hasil belajarnya sebesar 57.39%. lalu pertemuan kedua minat siswa 85,21%, pertemuan kedua hasil belajarnya adalah 70.86%. Kemudian Siklus III pertemuan pertama minat siswa rata-rata 92,17%, pertemuan pertama hasil belajarnya adalah 81.30%, lalu pertemuan kedua minat siswa 96,52%, pertemuan kedua hasil belajarnya adalah 83.04%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diuraikan bahwa penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. S Syahbuddin Mustafa Nauli. Hal ini sesuai harapan untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 90 dalam materi pelajaran Alquran Hadis. Dengan demikian hipotesis yang dilaksanakan oleh peneliti dapa t diterima dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag.dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Pembelajaran aqidah akhlak; pola asuh orang tua dan akhlak peserta didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 07:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7548 |
Actions (login required)
View Item |