Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan pada pembelajaran IPS di kelas IV B MI Model Panyabungan

Nasution, Wildah Hayati (2021) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan pada pembelajaran IPS di kelas IV B MI Model Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah siswa belum sepenuhnya menerapkan sikap peduli lingkungan. Kesadaran siswa terhadap kepedulian lingkungan masih sangat rendah. Hal itu, bisa terlihat berdasarkan sikap siswa yang masih suka membuang sampah sembarangan serta masih ada beberapa sampah yang berserakan di sekeliling kelas. Hal tersebut dapat mengakibatkan lingkungan sekolah menjadi kotor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui penerapan model pembelajaran Berbasis Proyek pada pembelajaran IPS kelas IV B MI Model Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI Model Panyabungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepedulian siswa terhadap lingkungan kelas IV B MI Model Panyabungan mengalami peningkatan melalui model pembelajaran berbasis proyek. Peningkatan kepedulian siswa terhadap lingkungan ditunjukkan berdasarkan hasil observasi yang telah dipersentasekan pada siklus I 55%, siklus II 81,25% yang memiliki selisih 26,25%. dan hasil angket yang dibagikan kepada siswa siklus I 62,75%, siklus II 72,25% yang memiliki selisih 9.5%. Karena peningkatan kepedulian siswa terhadap lingkungan telah mencapai sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Rahmadani Tanjung, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek, Peduli terhadap lingkungan, Ilmu pengetahuan sosial; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:57
Last Modified: 24 Jan 2022 01:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7515

Actions (login required)

View Item View Item