Pratiwi, Yurike (2021) Efektivitas penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1730100001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh efektivitas penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah yang pertama yaitu apakah efektif penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar di kalangan mahasiswa, yang kedua apakah ada kendala yang dirasakan antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, yang ketiga apakah ada dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, untuk mengetahui kendala yang dirasakan antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar,untuk menjelaskan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Pembahasan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan penggunaan media sosial WhatsApp sebagai kegiatan belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Dan ingin mengetahui seberapa efektifnya penggunaan WhatsApp ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan KPI,BKI,PMI,MD, Nim 2018 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebanyak 10 orang, dan dosen sebanyak 5 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu adalah dengan observasi non partisipan dan wawancara terstruktur serta dokumentasi. Berdasarkan Hasil Penelitian diketahui bahwa mayoritas penggunaan media sosial WhatsApp menyatakan tidak efektif untuk kegiatan belajar mengajar dikarenakan terbatasnya ruang dan waktu, tidak bisa melakukan panggilan konferensi untuk semua orang. Ada juga yang menyatakan aplikasi WhatsApp sangat efektif dalam kegiatan belajar mengajar dikarekan mudah dan efesien tidak ribet. Adapun yang selanjutnya adalah kendala yang dirasakan oleh mahasiswa atau dosen dalam penggunaan media sosial WhatsApp untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial WhatsApp antara dosen dan mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mengajar ada dua yaitu kurangnya kedisiplinan dan jumlah kuota yang besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A dan Ali Amran S.Ag., M.Si. |
Keywords: | Efektivitas; WhatsApp; Belajar mengajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 01:51 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 01:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7514 |
Actions (login required)
View Item |