Lubis, Robbah (2021) Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada pembelajaran bahasa Indonesia materi drama kelas IV SDN 347 Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia disebabkan karena kurangnya metode pembelajaran yang bervariasi, kemampuan siswa di dalam aspek berbicara masih kurang, kebanyakan siswa masih malu dan ragu-ragu, sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan metode bermain peran sehingga siswa lebih berani berbicara di depan dengan metode tersebut, dan keterampilan berbicara siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 347 Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bermain peran dan apakah terdapat peningkatan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas IV SDN 347 Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode bermain peran materi drama pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 347 Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Instrument dalam penelitian ini yaitu berupa tes, dan hasil observasi. Berdasarkan Hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi drama metode bermain peran mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I, siklus I ke siklus II. Pada pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dengan persenyase 36%. Pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 17 siswa dengan persentase 56%. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 17 siswa yang tuntas menjadi 20 siswa dengan persentase sebesar 66%. Kemudian pada siklus II pertemuan I terjadi lagi peningkatan sebesar 76% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 26 siswa dengan persentase sebesar 86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Bermain peran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:03 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7487 |
Actions (login required)
View Item |