Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur

Yanti, Lesa Ade (2019) Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru matematika masih menggunakan metode konvensional dan masih dalam pembelajaran, kesulitan siswa dalam menerapkan rumus dan menyelesaikan soal. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sulit, siswa sulit untuk mengingat rumus-rumus matematika yang banyak dan guru belum pernah menerapkan metode Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Trigonometri siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur?. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Trigonometri siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur. Model yang digunaan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen ekspost-facto dengan model Pretest-postest Control Group Design . Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Gelugur sebanyak 8 kelas, dan metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 siswa dan X5 kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (bentuk multiple choise), sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis normalitas, variansi, homogenitas dan uji t dengan bantuan IBM SPSS Versi 20. Hasil uji hipotesis penelitian tentang pengaruh yang signifikan penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X SMA N 1 Padang Gelugur dengan menggunakan uji-t, diperoleh harga thitung 18,051 > ttabel 1,688. Sehingga thitung berada di luar daerah penerimaan Ho atau dengan kata lain Ho tolak. Setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah ditentukan pada kelompok eksperimen diperoleh temuan bahwa nilai rata-rata hasil postest kelompok eksperimen (77,97) lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelompok kontrol (66,97).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Metode Mind Mapping; Hasil Belajar Matematika; Trigonometri
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 20 Apr 2020 04:16
Last Modified: 13 Jul 2020 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item