Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tapanuli Selatan

Harahap, Epi Ramadani (2021) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik, hal ini karena sudah terpengaruh oleh hal-hal dari luar yang tidak baik, hal ini ditakutkan terjadi pada peserta didik MIN 1 Tapanuli Selatan. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sangat tergantung dengan bagaimana cara ataupun strategi seorang guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan tersebut. Strategi penanaman karakter seorang guru di sekolah sangat berpengaruh pada setiap kegiatan peserta didik baik di rumah maupun di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di MIN 1 Tapanuli Selatan, kemudian untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat pada peserta didik MIN 1 Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskribtif. Tahap pertama penelitian ini adalah memahami dengan utuh bagaimana tentang strategi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik di MIN 1 Tapanuli Selatan. Setelah itu, menganalisis apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada peserta didik, apakah peserta didik mempunyai karakter disiplin, jujur, baik kepada sesama, adil, bertanggungjawab. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi di MIN 1 Tapanuli Selatan. Kemudian untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi penanaman nilai-nilai karakter di MIN 1 Tapanuli Selatan masih kurang. Hal ini disebabkan masih kurangnya strategi yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Adapun strategi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin dan jujur yang digunakan guru ataupun Wali Kelas di MIN 1 Tapanuli Selatan yaitu dengan menerapkan keteladanan, pembiasaan, pengondisian lingkungan, kegiatan kegiatan spontan, dan terakhir dengan kegiatan terprogram. Nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MIN 1 Tapanuli Selatan dimiliki peserta didik adalah, sopan santun, jujur, disiplin, rajin, bertanggung jawab dan disiplin, semangat dalam belajar peserta didik dapat menjalankan apa yang sudah diarahkan oleh guru di MIN 1 Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Penanaman; Nilai-nilai pendidikan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:33
Last Modified: 17 Jan 2022 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7443

Actions (login required)

View Item View Item