Rahayu, Putri (2021) Strategi guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100149.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian adalah guru mengatakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pada pokok bahasan salat pertama Guru menyampaikan kemudian menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa apa itu salat. Baik itu salat Fardhu (wajib), salat Sunnah, dan salat berjamaah. Setelah itu Guru menunjukkan tayangan berupa in-fokus agar siswa lebih paham dengan bacaan serta gerakan salat. Setelah itu Guru menyuruh siswa untuk praktek langsung di hadapan teman temannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi Guru di dalam kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat? Bagaimana strategi Guru di luar kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat? Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam kelas pada pokok bahasan salat? Bagaimana aktivitas belajar siswa di luar kelas pada pokok bahasan salat? Untuk mengetahui strategi Guru di dalam kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat, Tujuan untuk mengetahui strategi Guru di luar kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan, Padangsidimpuan. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa si dalam kelas pada pokok bahasan salat, Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di luar kelas pada pokok bahasan salat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model fenomenologis. Sumber data yang dibutuhkan 3 orang untuk data primer dan 4 orang untuk data sekunder. Instrument yang digunakan yaitu obaservasi, wawancara, study dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah Klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, Triangulasi, menarik kesimpulan. Hasil penelitian a) Guru menyampaikan materi salat terlebih dahulu kepada siswa b) Guru menjelaskan materi salat c) Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa d) Guru memberi evaluasi terhadap siswa. a) Guru menyuruh siswa menghafal bacaan salat, b) Guru menyuruh siswa mengambil air wudhu‟ terlebih dahulu, c) Guru mengajak siswa untuk melakukan praktek langsung ke mushalla sekolah. a) Mendengarkan penjelasan guru tentang materi salat, b) Membaca buku paket, c)Menulis atau mencatat yang disampaikan oleh guru, d) Melakukan Tanya jawab. a) Melakukan praktek, b) Menghafalkan bacaan salat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Strategi guru; Aktivitas belajar; Salat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7433 |
Actions (login required)
View Item |