Hasibuan, Siti Ramlia (2021) Hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata dan kemampuan menulis Bahasa Indonesia. Juga guru masih kurang dalam memberikan kosakata yang baik dan benar, serta guru belum sepenuhnya membuat siswa mempunyai kemampuan menulis yang baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Berapa besar hubungan penguasaan kosakata terhadap kemmapuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas?, (2) Berapa besar kontribusi penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas?, dan (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengusaan kosakata dengan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas?. Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui Berapa besar hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.. Kedua, untuk mengetahui Untuk mengetahui berapa besar kontribusi penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.. Ketiga, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pengusaan kosakata dengan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas dengan populasi penelitian kelas IV yang berjumlah 24 siswa dan sampel penelitian berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan mengggunakan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan (1) Penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis siswa memiliki hubungan sebesar 0,635 berada pada kategori baik. Hal ini bermakna siswa sudah mampu menguasai kosakata, (2) Kontribusi penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis siswa sebesar 40,32% yaitu menulis karangan narasi berada pada kategori cukup baik. Hal ini bermakna siswa sudah mempunyai kemampuan menulis yang relatif baik. (3) berdasarkan hasil pengujian analisis korelasi bahwa nilairhitung lebih besar daripada nilairtabel atau digambarkan (0,634 > 0,432).Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri 0906 Padang Sihopal Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Erna Ikawati, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Penguasaan kosakata; Kemampuan menulis siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 08:16 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7409 |
Actions (login required)
View Item |