Pulungan, Dewi Namiroh (2021) Peningkatan kemampuan berpikir HOTS (higher order thinking skill) melalui pendekatan pembelajaran open-ended pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas X-4 di SMAN 1 Hutabargot. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir HOTS pada siswa di kelas X-4 SMAN 1 Hutabargot. Rendahnya kemampuan berpikir HOTS siswa terbukti pada saat tes awal. Sebanyak 15 siswa atau 75% kurang mampu dalam mengerjakan soal-soal/masalah terbuka (yang melibatkan logika dan intuisi siswa) dengan rata-rata nilai siswa 51,25. Dengan demikian siswa kelas X-4 SMAN 1 Hutabargot rata-rata masih memiliki kemampuan berpikir yang rendah dalam pembelajaran yakni hanya mampu mengingat, memahami, dan menerapkan. Oleh karena itu siswa merasa kesulitan menyelesaikan masalah yang melibatkan kemampuan berpikir HOTS karena tidak terbiasa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti membuat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan pendekatan open ended pada pokok bahasan baris dan deret dapat meningkatkan kemampuan berpikir HOTS siswa di kelas X-4 SMAN 1 Hutabargot. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-4 SMAN 1 Hutabargot pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini kelas X-4 SMAN 1 Hutabargot yang berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil tes kemampuan bepikir HOTS siswa dengan pendekatan open-ended pertemuan ke-1 siklus I dengan nilai rata-rata 56,6% sedangkan pertemuan ke-2 mencapai 68,3%. Pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kemampuan berpikir HOTS siswa yaitu 71,6% dan pada pertemuan ke-2 mencapai 81,6%. Hasil ini menunjukkan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir HOTS siswa di kelas X-4 SMAN 1 Hutabargot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar, MA dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Berpikir; HOTS; Open-Ended; Baris; Deret |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 03:56 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7348 |
Actions (login required)
View Item |