Hasibuan, Yuliana Sari (2021) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Lianco Mandiri Coorporate Model Industri Garonggang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100173.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat fenomena yang terjadi di lapangan yaitu kejenuhan belajar yang dialami siswa pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengantuk, tidur, ribut, sering izin keluar masuk ruangan serta malas mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah penyebab kejenuhan belajar dan apa sajakah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar siswa dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu 2 guru Pendidikan Agama Islam untuk data primer dan data sekunder 20 siswa kelas XI, Kepala Sekolah, dan Wali Kelas. Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor-faktor penyebab siswa mengalami kejenuhan belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Lianco Mandiri Coorporate Model Industri Garonggang, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal yang bersumber dari siswa itu sendiri yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, sedangkan faktor eksternal yang bersumber dari luar yaitu belajar hanya di kelas dan suasana belajar yang tidak berubah-ubah, kurangnya media dan alat peraga, cara guru mengajar tidak bervariasi, dan kurangnya dukungan dari orangtua. Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, mengajak siswa belajar di luar ruangan, penataan ruang belajar, mengajar dengan penuh humor, memaksimalkan media pembelajaran, menggunakan metode belajar yang bervariasi dan memberikan nasehat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Upaya guru; Mengatasi kejenuhan belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 03:37 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 03:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7308 |
Actions (login required)
View Item |