Harahap, Hania (2020) Peningkatan keaktifan belajar ilmu pengetahuan alam melalui project based learning siswa kelas IV SDN 100180 Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Hal Ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) Hal tersebut disebabkan kurangnya guru dalam membuat variasi model pembelajaran sehingga pembelajaran membosankan dan siswa pun kurang aktif dalam proses pembelajaran bahkan tidak terlibat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, kurangnya variasi guru dalam penggunaan model dalam proses pembelajaran dan kurangnya kebersihan lingkungan serta kurangnya pemanfaatan barang bekas disekitar sekolah atau dalam sekolah. Penyebabnya yaitu guru seagai sumber belajar dan jarang menggunakan model dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan kurangnya keikut sertaan siswa pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model project based learning. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV dilakukan SDN 100180 Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi berupa penilaian kinerja dan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Model dalam penelitian ini dengan menggunakan project based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media. Siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk berbagai hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model project based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDN 100180 Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Pada pra siklus peningkatan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam rata- rata 39,6% kemudian di siklus I keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam 57% menjadi 70,2% kemudian pada siklus II keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam rata- rata 79,8% menjadi 88,8% hal ini membuktikan model project based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDN 100180 Sipiongot Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd |
Keywords: | Keaktifan belajar; Model project based learning; Pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 03:31 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7307 |
Actions (login required)
View Item |